Monday, June 16, 2008

Cara Mencegah Virus Melalui Flashdisk

Mungkin anda sudah akrab dengan namanya ”virus”. Nama ini sudah sering didengar karena keberadaannya yang kerap membuat ulah pada sistem operasi (OS) yang kita gunakan pada komputer sehingga OS kita gunakan tersebut ”crash” dan yang paling fatal perlu adanya install ulang untuk memulihkan (recover) OS kita. Biasanya media perantara yang digunakan oleh virus tersebut adalah flashdisk karena dari media ini merupakan cara paling mudah untuk menginfeksikan virus yang dibuat seperti memanfaatkan booting flashdisk tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah hal penyebaran virus melalui flasdisk untuk sistem operasi windows.

  1. Mematikan autorun.

Dengan mematikan autorun flashdisk ini, maka mengurangi rentan penginfeksian virus dengan memanfaatkan autorun tersebut, karena banyak jenis virus yang memanfaatkan hal ini dalam penginfeksian. Berikut ini adalah langkah yang dilakukan untuk mematikan autorun tersebut.

Ø Buka regedit dengan cara start > run, lalu ketik regedit.

Ø Kemudian telusuri regedit tersebut, yaitu HKEY_CURRENT_USER > Software > Mocrosoft > Windows > CurrentVersion > Policies> Explorer. Lalu pada NoDriveTypeAutorun double klik kemudian pada value isikan “ff”.

Ø Tutup regedit tersebut dengan menekan tanda silang pada form kemudian restart untuk mendapakan efeknya.

  1. Membuka flashdisk melalui explorer.

Mungkin dengan cara di atas autorun flashdisk sudah disable, tetapi anda harus waspada karena autorun tersebut dapat jalan kembali apabila anda mengklik dua kali icon flashdisk anda. Lebih baik hal itu anda hindari apabila anda ragu apakah flashdisk anda bersih dari virus atau tidak. Untuk itu, biasakanlah lakukan langkah ini.klik kanan pada icon flashdisk anda lalu pilih explorer atau pada start di bar window klik kanan, lalu pilih explorer lalu klik kiri sekali pada icon flashdisk yang terdapat pada sebelah kiri (bagian deretan folder).

  1. Membuka folder pada flashdisk melalui explorer.

Biasakan juga anda membuka sebuah folder pada flashdisk melalui explorer folder yang terdapat pada sebelah kiri explorer my computer kita karena ada juga virus yang dibuat tersebut akan berjalan apabila kita mengklik folder yang dianggap virus tersebut secara langsung. Untuk itu, saya sarankan anda membiasakan langkah 3 yang saya beri tahukan ini.

  1. Mencegah mengklik folder atau file asing yang terdapat pada flashdisk anda.

Untuk yang satu ini, anda sebaiknya menghindarinya, karena bisa saja folder atau file yang tidak pernah anda masukkan ke flashdisk anda itu merupakan virus. Untuk membuktikan dia virus atau bukan, lakukan terlebih dahulu scanning flashdisk anda dengan antivirus yang anda punyai atau anda delete saja folder atau file tersebut, jika anda yakin itu bukan file atau folder milik anda.

  1. Selamat mencoba. Semoga ini dapat membantu.

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

Berlangganan Posting Blog Ini

Enter your email address: